Beranda / Berita / Lakukan

Lakukan Ini Supaya Motor Matikmu Awet

Tanggal : , Penulis : Federal Oil Team

Lakukan Ini Supaya Motor Matikmu Awet

Hi Feders, saat ini pertumbuhan sepeda motor jenis matik semakin populer di Indonesia, bahkan bisa dibilang sebagai raja jalanan, bukan karena kecepatannya, tapi karena begitu banyaknya motor matik di jalanan.

Nah buat Feders yang punya motor jenis matik, jangan sampai lalai dalam melakukan perawatan supaya performa mesin motor tetap prima saat digunakan.

Karena dengan tetap menjaga perawatan motor, motor akan lebih awet, bahkan jika motor dalam kondisi terawat, bisa saja saat akan dijual harga jualnya bisa masih tinggi.

Berikut ini beberapa tips perawatan untuk motor matik, supaya motor matik tetap prima baik mesin maupun bodynya.

Pertama, biasakan sebelum mengendarai motor mesin dipanaskan terlebih dahalu, supaya kinerja mesin motor tetap stabil. Lama untuk memanaskan sekitar 5 sampai 10 menit setiap harinya, saat akan menghidupkan mesin jangan menggunakan elektrik starter, tapi pakai kick starter untuk motor matik yang masih menggunakan kick starter, karena saat ini beberapa motor matik yang sudah tidak dilengkapi dengan kick starter, seperti New Honda Vario 150 dan All New Honda PCX 150.

Kedua, periksa busi dan aki, ini bisa dilakukan sendiri lho, jadi tidak harus ke bengkel. Periksa aki apakah ada kotoran atau tidak, dan periksa juga kabel penghubungnya kendur apa masih kencang, pastikan kabelnya terhubung dengan kencang.

Periksa juga busi, karena busi yang sudah kotor dan berkarat akan mengganggu kenyamanan saat berkendara, karena proses pembakaran ke dalam mesin kurang sempurna akibat kotor atau berkarat.

Ketiga periksa belt, karena motor matik menggunakan belt sebagai penggeraknya, cek vanbelt secara rutin. Untuk memeriksa belt harus ke bengkel karena memerlukan kucni-kunci khusus.

Ke empat, atur kecepatan saat riding, jangan memaksakan batas kecepatan maksimum. Perubahan kecepatan dari rendah ke tinggi secara mendadak ini bisa membuat mesin motor matik rusak. Jangan sampai harus mengeluarkan dana lebih untuk memperbaiki sparepart yang rusak akibat cara berkendara yang salah.

Ke lima, nih penting nih feders, harus rutin ganti oli mesin jangan sampai terlambat, ikuti petunjuk yang sudah diberikan oleh mekanik, biasanya saat kita selesai mengganti oli atau servis akan ada pemberi tahuan di kilo meter berapa harus ganti.

Buat feders yang punya motor matik yang usianya kurang dari 5 tahun bisa menggunakan Federal Matic 30 yang memiliki SAE 10W-30 API SL JASO MB yang direkomendasikan untuk motor matik 125-150cc seperti Scoopy, PCX dan Vario series.

Membuat motor matik lebih awet tentu membutuhkan usaha dengan melakukan pengecekan secara rutin. Untuk itu, luangkan waktu  untuk memeriksa kondisi motor matik. Menjaga performa motor tetap maksimal, pastinya bisa membuat ebih nyaman dan aman berkendara.(Federaloil.co.id)

Artikel Lainnya

x Check if your product is genuine