Beranda / Berita / Motor Fairing

Mengulas Singkat Honda NSR250, Awalnya Motor Replica MotoGP

Tanggal : , Penulis : tigor

Mengulas Singkat Honda NSR250, Awalnya Motor Replica MotoGP

Foto : Youtubescreenshot/Deckay_F

Feders, jika bicara motor legend sport 4-tak, jangan pernah lupakan Honda.

Dalam sejarah, Honda pernah memiliki motor sport garang, yakni Honda NSR250.

Sejarah singkat motor ini dibuat pertama kali pada tahun 1985-an sebagai motor replika dari motor balap MotoGP, dikembangkan  khusus oleh tim balap Honda Racing Corp (HRC). 

Di tahun 1987-an baru muncul versi produksinya dengan kode MC16 atau yang disebut dengan Honda NSR 250R. 

Dari beberapa informasi ada juga yang menyebutnya dengan NSR250R type G.

(BACA JUGA : Daftar Lengkap Pemenang Federal Oil Spesial Miliarder Periode ke Dua)

Pada waktu itu Honda NSR 250R menjadi produk yang digemari, tidak hanya di Jepang bahkan di beberapa negara di Asia. 

Untuk sekarang ini, Honda NSR 250R juga masih menjadi kendaraan favorit, khususnya sebagai motor koleksi. Pun dengan harganya sudah menjadi "gelap".

Honda NSR 250R menggunakan sumber tenaga dengan mesin berkode MC16E, berkapasitas 249cc, liquid cooled, 2 stroke, 90 derajat, 2 silinder V-Twin. Untuk kompresi rasionya bisa dibilang cukup 'rendah' yaitu 6.1:1.

(BACA JUGA : Ini dia Harga Vespa Sprint Sport Limited Edition di Indonesia, Minat?)

Otosia.com menulis, tenaga yang mampu dihasilkan mesin tersebut bisa mencapai 45 Hp pada putaran mesin 9500RPM dan torsi maksimum mencapai 3.6 Nm di 8500 RPM. 

Tenaga tersebut kemudian dipadu dengan tranmisinya enam percepatan, dan koplingnya menggunakan tipe basah.

Untuk sistem pengabutan bahan bakarnya menggunakan karburator dengan kode TA10A, yang kemudian pada sektor pengapiannya disuplay dari kelistrikan menggunakan CDI.

Pada bagian framenya menggunakan rangka model 'deltabox' berbahan alumunium, yang kemudian dipadu dengan bodi full fairing untuk menutupi sejumlah partnya.

Kemudian untuk kaki-kakinya, Honda NSR 250R menggunakan sepasang suspensi depan teleskopik dan untuk bagian belakang sudah monoshock. 

Bagian bannya, untuk depan berukuran 100/80-17, sementara belakangnya menggunakan ukuran 130/70-18.

Sistem pengereman depan sudah menggunakan double disc yang diperkuat dengan kaliper yang masing-masing dipersenjatai dua piston. 

Sedangkan untuk belakangnya menggunakan single disc dengan kaliper satu piston.

Untuk bobotnya, Honda NSR250R memiliki berat kosong 125 kg, yang kemudian dilengkapi dengan tangki bahan bakar yang berkapasitas 16 liter. (Federaloil.co.id)

Artikel Lainnya

x Check if your product is genuine