Beranda / Berita / Honda Cbr1000rr Sp

Inilah 7 Fitur Unggulan Honda PCX yang Tidak ada di Yamah NMAX

Tanggal : , Penulis : tigor

Inilah 7 Fitur Unggulan Honda PCX yang Tidak ada di Yamah NMAX

Foto : Autoportal

Feders, Honda All New PCX 150 terkenal kaya akan fitur, banyak di antaranya tidak terdapat di Yamaha NMAX.

Pantas saja jika kedua skutik ini dibanderol dengan selisi yang lumayan jauh, nyaris Rp 10 juta lebih mahal.

Seperti yang dilansir Gridoto.com, Honda PCX 150 yang diimpor utuh dari Vietnam dihargai Rp 40,525 juta on the road Jakarta, sedang NMAX yang paling mahal harganya Rp 29,6 juta untuk varian ABS.

Meski jauh lebih mahal, PCX 150 punya beberapa fitur yang tidak dimiliki NMAX.

Yuk lihat satu persatu!

(BACA JUGA : 5 Alasan Kenapa Kita Harus Turing ke Gunung Kidul)

ISS (Idling Stop System)
Fitur yang diklaim Honda dapat mengurangi emisi dan konsumsi BBM sekitar 7 persen.

ISS membuat mesin PCX 150 otomatis mati saat kondisi berhenti, misalnya di lampu merah atau kemacetan.

Apabila motor berhenti selama 3 detik maka ECM (Engine Control Module) membuat mesin mati.

Dan saat ingin mesin kembali menyala, tinggal buka gas dan PCX 150 hidup lagi.

Saat mode ISS yang menjadi bagian dari teknologi mesin eSP Honda ini aktif, lampu indikator berwarna hijau dengan simbol "A" akan menyala di speedometer.

Simbol 'A' ini akan berkedip jika mesin mati dalam mode ISS.

Fitur ISS sendiri bisa dinonaktifkan, tinggal pencet switch-nya ke mode "Idling" di saklar setang sebelah kanan.

(BACA JUGA : Enggak Semua Motor Bisa Dipasang ABS, Bisa Malah Percuma, Begini Penjelasannya)

Starter ACG (Alternating Current Generator)

Berbeda dari NMAX yang masih menggunakan dinamo starter konvensional dengan mekanisme gir penggerak, PCX 150 mengaplikasikan starter yang jauh lebih halus suaranya.

Namanya ACG (Alternating Current Generator), starter ini menjadi satu dengan generator yang merupakan sistem pengisian untuk kelistrikan PCX 150.

Medan magnet di stator atau kumparan dan magnet dijadikan starter diawal kerja mesin.

Setelah mesin menyala fungsi kembali seperti semula menjadi generator AC untuk mensuplai kebutuhan listrik pada mesin.

Karena ACG menggunakan mekanisme antar magnet, maka tidak ada lagi suara “bletakk” dari gesekan antar gir seperti dinamo starter konvensional.

Fitur ini sebenarnya sudah ada di Yamaha Aerox 155 yang menggunakan mesin dari basis NMAX, bukan tidak mungkin fitur yang sama akan ada di Yamaha NMAX versi terbaru yang akan datang.

Lampu Hazard
PCX 150 merupakan salah satu skutik pertama di Indonesia yang memiliki fitur lampu hazard layaknya motor sport & cruiser.

Saat switch hazard diaktifkan di holder switch kanan, semua lampu sein PCX depan-belakang akan menyala kedap-kedip.

Fungsinya membantu memberi peringatan pada pengguna jalan lain jika saat terjadi keadaan darurat.

Alarm
Untuk menambah rasa aman, PCX 150 memiliki alarm dengan G-sensor yang membaca gerakan motor.

Jika motor kena senggol, tergoyang atau pindah tempat maka PCX 150 mengeluarkan bunyi dari buzzer.

Aktivasi alarmnya ada di key holder, pencet tombol SET dan buzzer PCX 150 akan bunyi "bip-bip" dua kali serta hazard menyala.

Seperti fitur ISS, alarm PCX 150 juga dapat dinonaktifkan, dengan memencet tombol UNSET di key holdernya.

Answer Back System
Ini fitur yang membantu pemilik PCX 150 mencari motornya di parkiran, terutama di parkiran motor basement yang ramai.

Jarak aktivasi fitur ini sendiri bisa mencapai 39 meter!

Tinggal pencet tombol ANSWER BACK di key holder alarm, PCX 150 akan mengeluarkan bunyi "bip-bip" dan menyalakan lampu hazard seperti saat alarm diaktifkan.

Bagaimana membedakan suara aktivasi alarm dengan answer back system?

Tenang, fitur answer back system dapat diatur volume, nada bahkan silent mode yang aktif hanya kedipan lampu hazard saja.

Combi Brake System

Tinggal tarik tuas rem belakang, maka dengan sendirinya rem depan ikut bekerja.

Tujuannya, untuk memberikan distribusi pengereman yang baik saat panic brake.

Karena masih banyak bikers yang hanya menggunakan rem belakang di kondisi darurat.

Padahal melakukan pengereman hanya dengan rem belakang sangat berbahaya karena rawan selip.

Pada PCX 150, combi brake system-nya menggunakan sistem hidrolis 3 port di kaliper roda depan.

Power Outlet

Di dalam glovebox atau kompartemen depan PCX ada power outlet dengan output 12 V-1A.

Bentuknya colokan lighter seperti pada mobil sehingga Anda tetap membutuhkan adaptor untuk menggunakan fitur ini.

Dengan spesifikasi 12V dengan arus maksimum 1A, tentunya aman untuk charging gadget seperti smartphone.

Oh iya, fitur ini baru menyala saat kunci kontak dalam posisi ON ya! (Federaloil.co.id)

 

Artikel Lainnya

x Check if your product is genuine